Kompetensi Sumber Daya Manusia

        Kompetensi Sumber Daya Manusia adalah suatu proses yang meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, karakteristik pribadi, dan motivasi. Kompetensi sumber daya manusia ini pasti dimiliki oleh semua orang pada umumnya, karena didalam kompetensi ini mempunyai berbagai faktor yang berkaitan dengan ‘ilmu pengetahuan yang sangat luas. Tapi ketika saya berkecimpung di dalam dunia pendidikan, suatu kompetensi sdm itu hanya dikaitkan dengan Keterampilan saja, padahal arti makna kompetensi sdm itu luas bukan hanya keterampilan saja. Konsep diri dan nilai-nilai merujuk pada sikap sumber daya manusia nya sendiri, ini merupakan termasuk ke dalam sebuah kompetensi sumber daya manusia.

       Menurut Spencer (2007:6) di dalam buku nya yang berjudul “Sumber Daya Manusia” meyebutkan bahwa ada 5 Karakteristik yang membentuk kompetensi sebagai berikut :

  1. Pengetahuan : Berorientasi pada informasi dan hasil pembelajaran.
  2. Keterampilan : Berorientasi pada kemampuan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan.
  3. Konsep Diri : Berorientasi pada sikap, nilai-nilai sikap dan citra diri seseorang.
  4. Karakteristik Pribadi : Berorientasi pada karakteristik fisik dan konsistensi tanggapan terhadap suatu informasi, sikap dan tingkah laku pun termasuk ke dalam karakteristik pribadi.
  5. Motif : Merupakan emosi dan motivasi yang akan memicu untuk melakukan suatu tindakan.

Dari kelima karakteristik yang disebutkan, jelas bahwa kompetensi sumber daya manusia itu bukan hanya berorientasi hanya pada keterampilan saja, tetapi sangat luas maknanya. Peranan Sumber Daya Manusia sangat penting didalam bidang apapun, karena dengan adanya sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, konsep diri, dan motivasi yang tinggi akan membantu dalam pencapaian suatu visi, misi, dan tujuan yang telah ditentukan.

Semakin meningkatnya kemajuan teknologi mengakibatkan semakin berkembangnya pemahaman tentang pentingnya aspek Sumber Daya Manusia di dalam bidang apapun. Bagaimanapun canggihnya teknologi yang digunakan tanpa didukung oleh manusia sebagai pelayan operasionalnya, tidak akan mampu menghasilkan suatu output yang sesuai dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Betapapun modernnya mesin-mesin yang digunakan, unsur manusia masih akan tetap memegang peranan yang sangat menentukan. Oleh karena itu, pemahaman dan pengembangan sumber daya manusia menjadi sangat penting.

Konsep Kompetensi sebenarnya bukan sesuatu hal yang baru, Menurut Organisasi Industri Psikologi Amerika, gerakan tentang kompetensi telah dimulai pada tahun 1960 dan awal 1970 (Buku tentang Sejarah Kompetensi SDM, Karya Veitzhal Rivai). Menurut gerakan tersebut banyak hasil studi yang menunjukan bahwa hasil test sikap dan pengetahuan, prestasi belajar di sekolah dan universitas tidak berorientasi hanya pada keterampilan saja, tetapi sikap, motivasi, dan pengetahuan pun harus dimiliki.

Adapun esensi dari teori Mc. Clelland tentang pendekatan penilaian dan pemahaman suatu kompetensi terhadap Job Analysis bahwa penelitiannya lebih menekankan kepada orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan berkinerja dengan maksimal, dan mendefinisikan job berdasarkan karakteristik dan perilaku seseorang, ketimbang menggunakan pendekatan yang hanya berorientasi pada keterampilan saja. Penelitian teori ini tentang kompetensi menunjukan bahwa ada 3 unsur yang mendasari kompetensi yaitu Motivasi, Sikap/perilaku, dan berfikir maksimal.

Kompetensi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 100 tahun 2000, adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang PNS / Non-PNS berupa pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Sumber :


Spencer (2007:6) tentang “Sumber Daya Manusia”

Buku Karya Veithzal Rivai tentang “Sejarah Kompetensi Sumber Daya Manusia”

Teori Mc.Clelland tentang “Esensi Kompetensi SDM”

2 Replies to “Kompetensi Sumber Daya Manusia”

  1. Artikel yg menarik ! Terima kasih telah memberikan informasi yg sangat bermanfaat. Semoga beberapa point d atas bisa diaplikasikan oleh tenaga pengajar Smkn 2. Saya harap ada artikel2 lebih lanjut yg membahas sisi SDM di lingkup kerja dunia pendidikan saat ini. Terima kasih 👍

    1. Semoga bermanfaat juga ya bagi semua nya, dan semoga bisa menjadi bahan obrolan kecil di warung-warung kopi. Masalah di aplikasikan atau tidak diaplikasikannya oleh tenaga pengajar / seluruh elemen SMKN 2, buat saya mah ya ga peduli lah haha, soalnya punya cara pola pikir masing-masing. Tapi ya balik ke esensi pengharapan itu , harapannya ya di aplikasikan, karena Kompetensi itu memiliki arti yang sangat luas.
      Thank’s ya Bobby Nanda Saputra, SE atas tanggapan nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *