Menambahkan Library LWJGL ke Project Eclipse

LWJGL (Lighweight Java Game Library) adalah salah satu jenis game engine yang berjalan dengan bahasa pemrograman java. LWJGL berada dibawah lisensi BSD yang berarti Open Source dan tersedia secara bebas. Sampai tulisan ini dibuat LWJGL sudah tersedia dalam bentuk LWJGL Versi 3 (LWJGL 3).

Baiklah itu sekilas tentang LWJGL, sekarang kita akan memulai bagaimana menambahkan library LWJGL kedalam Eclipse. LWJGL yang akan kita gunakan adalah LWJGL 2.9.3.

 

LANGKAH I (Mengunduh Library LWJGL)

Unduh LWJGL di tautan berikut Download

Setelah berhasil di unduh, ekstrak zip file tersebut.

 

LANGKAH II (Membuat Project Baru)

Jalankan Eclipse dan eclipse biasanya akan meminta lokasi workspace (alamat direktori tempat kita menyimpan project yang kita buat). Lokasi yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

1

Buatlah project baru pada eclipse dengan cara Klik File->New->Java Project

2

Beri nama project kita dengan nama “latihanLwjgl” (ingat aturan penggunaan lowecamelcase) untuk penamaan project agar lebih mudah dalam penamaan.

3

 

LANGKAH III  (Import Library LWJGL kedalam project)

Klik Next lalu pilih Tab Libraries untuk meng-import library LWJGL kedalam project yang akan kita buat, seperti tampilan dibawah ini

4

Klik Tombol “Add External JARs….” lalu arahkan ke direktori tempat kita meng-extract library LWJGL dan masuk ke folder “jar” lalu pilih file lwjgl-debug.jar dan klik tombol open

5

 

Langkah IV (Mengatur Native library LWJGL)

Setelah berhasil melakukan import library LWJGL selanjutnya kita harus mengatur Native Library LWJGL dengan cara mengklik tombol segitiga di depan library yang telah diimport kemudian double klik “Native library location:(none)” hingga muncul tampilan seperti dibawah ini:

6

Lalu klik tombol “External Folder…” dan arahkan ke direktori LWJGL yang telah diekstrak dan masuk kedalam folder “native” dan pilih folder yang sesuai dengan Sistem operasi yang kita gunakan (dalam hal ini saya menggunakan windows jadi memilih folder “windows” sebagai native librarynya)

7

Setelah berhasil menambahkan library LWJGL dan mengatur native library locationnya maka kita dapat mengakhiri proses persiapan pembuatan project eclipse dengan mengklik tombol “Finish”

One Reply to “Menambahkan Library LWJGL ke Project Eclipse”

  1. Apakah ini adalah langkah-langkah untuk membuat aplikasi android ? kalau benar saya ingin sekali belajar hal ini. Salut pada SMKN 2 Bandung semoag bisa menciptakan anak bangsa yang kreatif dan produktif di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *